Pengamanan Penjemputan Raja Negeri Kulur Oleh Personil Polsek Saparua

Polresta P. Ambon & P. P. Lease – bertempat di Negeri Kulur Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah, telah dilakukan Penjemputan Raja Definitif/Kepala Pemerintahan Negeri Kulur masa bakti 2022-2028 Bpk. ABDULLAH TUTUPOHO oleh Warga Negeri Kulur.

Penjemputan tersebut dilakukan oleh warga setelah Raja/Kepala Pemerintahan Negeri Kulur selesai dilantik oleh Bupati Maluku Tengah pada kemarin hari Selasa tanggal 06 September 2022 di Baileo Ir. Soekarno Pandopo Bupati Kota Masohi.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua Saniri Negeri Kulur Bpk. MUHAMMAD ALI TUAHUNS dan dihadiri oleh :

– Kepala Soa Perwastu Bpk. IDRIS TUTUPOHO

– Kepala Soa Panas Bpk. RIVAY TUAHUNS

– Kepala Soa Pia Bpk. MARJUK HEHAKAYA

– Imam Masjid Nurul Ahmad Bpk. USMAN HEHAKAYA

–  Para Warga Negeri Kulur

Adapun rangkaian proses penjemputan adalah sebagai berikut :

Pukul 12.00 WIT, Raja/Kepala Pemerintahan Negeri Kulur Bpk. ABDULLAH TUTUPOHO bersama Istri Ny. NURLAILA LUHULIMA yang didampingi Penjabat Negeri Kulur Bpk. ABD TUTUPOHO tiba di Pelabuhan Feri Kulur dengan menumpangi Fery KM Layur dan disambut oleh Ketua Saniri Negeri Kulur Bpk. MUHAMMAD ALI TUAHUNS dan para Kepala Soa dan Imam Masjid Nurul Ahmad.

Selanjutnya Raja/Kepala Pemerintahan Negeri Kulur bersama rombongan bergerak dari Pelabuhan Negeri Kulur dengan menggunakan Mobil Pick Up L-300 warna hitam dengan no polisi DE. 8747. AD serta iring-iringan sepeda motor menuju ke dalam pemukiman Negeri Kulur.

Pukul Pukul 12.10 WIT, Raja/Kepala Pemerintahan Negeri Kulur bersama rombongan tiba di Negeri Kulur dan disambut oleh Ibu-Ibu dengan tarian Adat Negeri Kulur yang mengunkapkan selamat datang Raja di Negeri Amaulu (Kulur) dan dilakukan pengalungan kain adat oleh perwakilan Anak Cucu dari Moyang Raden Anihatu, Moyang Latuheru dan Moyang Budiman Tutupoho kepada Raja Definitif dan Penjabat lama serta Ketua Saniri. Raja Definitif bersama rombongan serta Warga berjalan kaki menuju Baileo Negeri Kulur.

Pukul 12.25 WIT, tiba di depan Baileo dan disambut dengan pengalungan Kain Gendong oleh Sdri. BASARIA TUAHUNS dari soa Panas dan Moyang Pohon Pati serta diiringi lantunan Kapata. Dalam kesempatan tersebut Raja Negeri Kulur menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa proses pemilihan sudah selesai dan kini saatnya kita semua bersatu dan tidak boleh terpecah belah sehingga kita semua menjadi solid untuk membangun negeri tercinta ini lebih berkembang lagi kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *